OlahragaSepak Bola

Hasil Liga Champions Borussia Dortmund vs Chelsea: Skor 1-0

Berita Sepak Bola

befearlessmarketing.com – Borussia Dortmund tidak menyia-nyiakan kesempatan bermain di kandang pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Dortmund sukses menang tipis atas Chelsea 1-0 di Signal Iduna Park, Kamis (16/2/2023) WIB.

Satu-satunya pencetak gol dalam pertandingan itu adalah Karim Adeyemi. Pada menit ke-63, dia berlari melewati Enzo Fernandez dan Kepa Arrizabalaga ssebelum mencetak gol ke gawang kosong.

Chelsea memiliki beberapa peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, penampilan gemilang kiper Kobel antara Dortmund dan koordinasi serangan yang buruk di depan gawang Chelsea membuat The Blues gagal dalam gol tandang.

Jadi Dortmund hanya perlu mengincar hasil imbang untuk mencapai perempat final. Di sisi lain, Chelsea memiliki tugas sulit di kandang untuk menghindari degradasi di hadapan pendukungnya sendiri.

Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-77 andaikan tendangan Kalidou Koulibaly tidak ditepis oleh kiper Kobel. Bola yang masih bergulir ke dalam gawang, berhasil disapu dengan tepat waktu oleh Emre Can.
Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-77 andaikan tendangan Kalidou Koulibaly tidak ditepis oleh kiper Kobel. Bola yang masih bergulir ke dalam gawang, berhasil disapu dengan tepat waktu oleh Emre Can.

Babak Pertama

Dortmund dengan mudah mendominasi 45 menit pertama. Namun, Dortmund dan Chelsea bisa menyerang pertahanan lawan yang terbuka.

Chelsea sempat berhasil menyarangkan bola di menit ke-15. langsung dianulir karena Thiago Silva sengaja menangkap bola dengan tangannya.

Kartu kuning untuk Thiago dari wasit. Meski Chelsea tak mampu mengatasi 60 persen penguasaan bola Dortmund, The Blues masih bisa mengancam. Joao Felix yang jadi pembedanya.

Felix nyaris mencetak gol pada menit ke-31. Dia tidak ditemani untuk mengambil umpan tarik dari Hakim Ziyech. Saat menendang, kontak bola tidak tepat, sehingga bola memantul jauh.

Peluang emas datang pada menit ke-38. Felix melewati dua pemain Dortmund hingga berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Kali ini tembakannya sedikit lebih kecil karena hanya membentur mistar gawang.

Dortmund yang memiliki 11 tembakan ke gawang Chelsea juga memiliki beberapa peluang emas. Salah satunya datang pada menit ke-42. Marius Wolf datang dari dari lini kedua, mengambil umpan lalu langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tendangannya masih menyamping.

Babak Kedua

Kedua tim memiliki gaya bermain yang sama. Mereka menyerang dengan cepat untuk membuka pertahanan karena mereka bertekad untuk menyerang.

Hal ini memaksa gelandang Borussia Dortmund Emre Can menghentikan serangan Chelsea dengan paksa. Chelsea mendapat hadiah tendangan bebas hanya beberapa meter dari kotak penalti pada menit ke-54.

Reece James kemudian mengambil tendangan bebas langsung.Arahnya sudah tepat, kekuatannya juga sudah pas, tetapi kiper Kobel berhasil terbang menyelamatkannya.

Serangan balik mematikan yang berbuah lebih dulu menjadi milik Dortmund. Diawali dengan sepak pojok Chelsea, Dortmund menghentak tim tamu lewat gol yang tercipta di menit ke-63.

Mengambil bola dari counter, Karim Adeyemi memenangkan duel kecepatan melawan Enzo Fernandez. Ia bahkan sempat melewati kiper Kepa sebelum menceploskan gol ke gawang Chelsea.

Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-77 andaikan tendangan Kalidou Koulibaly tidak ditepis oleh kiper Kobel. Bola yang masih bergulir ke dalam gawang, berhasil disapu dengan tepat waktu oleh Emre Can.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Gregor Kobel; Marius Wolf (Julian Ryerson 73′), Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Raphael Guerreiro; Emre Can; Julian Brandt, Jude Bellingham, Salih Ozcan, Karim Adeyemi (Jamie Bynoe-Gittens 79′); Sebastien Haller (Anthony Modeste 68′).
Pelatih: Edin Terzic

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, Ben Chilwell (Marc Cucurella 71′); Ruben Loftus-Cheek, Enzo Fernandez; Hakim Ziyech, Joao Felix, Mykhailo Mudryk (Mason Mount 71′); Kai Havertz.
Pelatih: Graham Potter

 

Related Articles

Back to top button