OlahragaSepak Bola

5 Alasan Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Leg Pertama Piala AFF 2022

Stadion Gelora Bung Karno !

Befearlessmarketing.com Timnas Indonesia akan menjamu timnas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 pada Jumat 6 Januari 2022 di Stadion Gelora Bung Karno. Dengan Indonesia bermain di kandang, peluangnya cukup terbuka.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong optimistis menghadapi pertandingan melawan Vietnam. Pelatih asal Korea itu memastikan Indonesia tidak bermain defensif. Dia berjanji Indonesia akan melakukannya dengan baik.

Shin Tae-young berkata, “Terutama di pertandingan kandang, para pemain dalam kondisi baik, jadi saya berjanji untuk memberikan penampilan terbaik dan terbaik kepada masyarakat Indonesia dan penggemar sepak bola.”

Menang adalah cita-cita ideal skuat Garuda. Pasalnya leg kedua babak semifinal akan dimainkan di Stadion My Dinh, markas Vietnam. Berikut lima alasan Indonesia membungkam bintang Golden He di Stadion Bundhi Karno.

Jordi Amat Kembali

Dari ki-ka: Marselino Ferdinan, Jordi Amat, dan Marc Klok jelang kick off Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022, Jumat (6/01/23) sore WIB. Sumber Foto(c) Bola.net

Dilansir dari sumber Bola.Net : Timnas Indonesia kebobolan tiga gol di Piala AFF 2022. Satu-satunya gol kebobolan Indonesia adalah melawan Brunei Darussalam, tim terlemah di Grup A.

Namun, catatan itu tidak perlu diratapi Indonesia. Lini belakang Indonesia bakal lebih kuat saat berjumpa Vietnam. Sebab, Jordi Amat sudah kembali dari sanksi akumulasi kartu.

Jordi Amat punya waktu istirahat yang cukup dan dalam kondisi bugar. Jordi juga diyakini bakal lebih nyetel dengan rekan satu timnya. Bek 30 tahun mungkin akan membawa Indonesia mengukir nirbobol kedua di Piala AFF 2022.

Performa Marselino Ferdinan

Gelandang Indonesia, Marselino Ferdinan saat melawan Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023) WIB. (c) PSSI

Selain Jordi Amat, Marcelino juga bisa menjadi pemain kunci timnas Indonesia dalam duel melawan Vietnam.

Marcelino baru berusia 18 tahun. Namun, dia terbiasa bermain di level senior. Marcelino mencetak gol pertama Piala AFF saat membantu Indonesia mengalahkan Filipina di babak penyisihan grup.

Pada September 2022, Marcelino mengalahkan Vietnam dengan nyaman. Marcelino mencetak gol bersama Indonesia U-20 dalam kemenangan 3-2 atas Vietnam. Alhasil, Indonesia lolos ke Kejuaraan Asia U-20 2023.

Performa yang Menjanjikan

Penyerang Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022 (c) affmitsubishielectriccup.com

Kualitas finishing para pemain Timnas Indonesia memang diragukan pada beberapa laga Piala AFF 2022. Namun, secara umum, performa Timnas Indonesia tidak terlalu buruk.

Perlu diingat, Indonesia tidak pernah kalah pada empat laga fase grup Piala AFF 2022. Sejak kalah dari Thailand di final Piala AFF 2020, Indonesia hanya sekali kalah yakni lawan Yordania.

Lebih jauh lagi, Indonesia tidak pernah kalah pada tujuh laga terakhir. Bukan hanya tak pernah kalah, Skuad Garuda juga tidak pernah gagal mencetak gol. Jadi, apa yang diragukan dari Timnas Indonesia?

Waktunya Shin Tae-yong Ukir Kemenangan

Shin Tae-yong pada sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno  Sumber Foto : (c) Bagaskara Lazuardi

Sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum pernah menang lawan Vietnam. Catatan itu terjadi pada level senior maupun kelompok usia.

Kini, waktunya bagi Shin Tae-yong untuk bisa mematahkan catatan minor tersebut. Pelatih 52 tahun punya modal yang bagus. Dia telah membangun Timnas Indonesia kurang lebih selama dua tahun.

Shin Tae-yong lebih percaya diri daripada edisi sebelumnya. Sejak awal, targetnya adalah membawa Indonesia juara Piala AFF 2022. Juara? Kalahkan dulu Vietnam!

Stadion Gelora Bung Karno dan Suporter

Starting XI Timnas Indonesia yang berduel lawan Thailand di Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022) sore WIB. Sumber Foto (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Elemen pendukung, tentu saja. Indonesia akan mendapat dukungan penuh dari fans. Kehadiran pemain ke-12 itu menjadi faktor penting bagi skuat Garuda untuk menang melawan Vietnam.

Dukungan untuk ¬†Pratama Arhan dan rekan-rekannya tentu akan sangat besar. Stadion Gelora Bung Karno memiliki nuansa ‘magis’ karena warna merah dan putih mendominasi tribun. Di sisi lain, situasi di Vietnam mungkin merupakan tekanan mental. Doan Van Hau hampir pasti menerima ‘boo’ saat menguasai bola. Dia melukai Evan Dimas di final SEA Games 2019, meninggalkan bekas luka di hati para penggemar Indonesia.

Source
https://www.bola.net/tim_nasional/

Related Articles

Back to top button